Ular Bangkai Laut / Viper Pohon Hijau (Cryptelytrops albolabris Gray, 1842)

Ular Bangkai Laut / Viper Pohon Hijau (Cryptelytrops albolabris Gray, 1842 )

White-lipped Pitviper / White-lipped Tree Viper

Cryptelytrops albolabris merupakan salah satu ular berbisa (hemotoksin) lokal di Indonesia yang bisanya bekerja dengan sistem menyerang sel darah. Susunan gigi bertipe Solenoglypha (engsel) yang membantu pada saat meng-gigit dan mengeluarkan bisanya. Viperidae memiliki facial pit yang berfungsi sebagai sensor panas untuk mendeteksi mangsa atau gangguan. Ular ini merupakan jenis ular arboreal yang hidupnya berada di atas vegetasi dan sangat jarang untuk turun ke lantai tanah. Aktif di malam hari. Warna dominan hijau dengan warna ekor keme-rahan serta hidup di vegetasi membuat ular viper pohon hijau sulit untuk terlihat, selain itu ular ini bersifat tenang namun mudah merasa terganggu dan berubah menjadi agresif. Menurut Cox et al. (1998) Ular viper pohon hijau memiliki tubuh yang cukup gemuk, sisik berlunas, kepala dan tubuh berwarna hijau. Dagu, tenggorokan dan perut berwarna kehijauan atau putih kekuningan. Ekor berwarna cokelat kemerahan, lebih menyukai daerah terbuka pada ketinggian di bawah 400 m, kadang-kadang hidup di perkotaan. Perburuan tikus, burung, kadal dan katak dilakukan pada malam hari di tanah dan menghabiskan siang hari beristirahat di vegetasi. Jenis ular beracun dan berbahaya menyebabkan banyak kasus gigitan ular pada manusia. Persebaran C. albolabris meliputi Kamboja, Cina, Hongkong, Indonesia (Jawa, Sumatera), Laos, Makao, Malaysia, Myanmar, Thailand dan Vietnam. Ditemukan pada petinggian mencapai 1200 m dpl.

Sumber pustaka:

Cox MJ, van Dijk PP, Nabhitabhata J, Thirakhupt K. 1998. A Photographic Guide to Snakes and Other Reptiles of Peninsular Malaysia, Singapore, and Thailand. New Holland Publishers Ltd.

Stuart B, Thy N, Nguyen TQ, Auliya M. 2012. Cryptelytrops albolabris. The IUCN Red List of Threatened Species 2012: e.T178433A1534017. http://dx.doi.org/10.2305/IUCN.UK.2012-1.RLTS.T178433A1534017.en.

Penulis: Heru Kurniawan

This entry was posted in Amfibi Reptil Kita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.