Bulan GO ARK 2021

Halo herpetomania,,, GO ARK kembali lagi tahun ini!. Tahun ini kami kembali dengan nama BULAN GO ARK 2021. Bulan GO ARK 2021 berisi pengamatan amfibi dan reptil di seluruh Indonesia dalam kurun waktu satu bulan (November 2021) dan pelaporan pada aplikasi program ARK di iNaturalist.

Adapun ketentuan umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 1 November sampai 30 November 2021
  2. Peserta pada kegiatan ini adalah masyarakat umum yang bergabung dalam  kelompok maupun peserta perorangan
  3. Jumlah peserta kelompok adalah 4-8 orang. Setiap peserta, baik perorangan maupun peserta dalam kelompk harus memiliki akun di iNaturalist dan masuk dalam program ARK yang dapat diakses pada : http://www.inaturalist.org/projects/amfibi-reptil-kita-ark. Pastikan nama akun iNaturalist sama dengan akun yang tertulis di formulir.
  4. Setiap peserta diharapkan secara jujur memasukkan data mereka karena data yang masuk akan digunakan bagi kepentingan ilmiah
  5. Lokasi pengamatan dibagi berdasarkan wilayah sebagai berikut:
    • Pulau Jawa dan pulau2 kecil di sekitarnya
    • Pulau Sumatera dan pulau2 kecil di sekitarnya
    • Pulau Kalimantan dan pulau2 kecil di sekitarnya
    • Pulau Sulawesi dan pulau2 kecil di sekitarnya
    • Pulau Bali dan Nusa Tenggara serta pulau2 kecil di sekitarnya
    • Kepulauan Maluku dan Pulau Papua serta pulau2 kecil di sekitarnya
    • Formulir pendaftaran bisa dilihat pada link https://forms.gle/xrMZqmvt8xsGmgWz7. Pendaftaran GRATIS dan setiap peserta HARUS mengisi formulir.

TEKNIS PERLOMBAAN

  1. Setiap peserta wajib :
    • Melakukan pengamatan amfibi dan reptil pada lokasi yang telah ditentukan oleh masing-masing kelompok
    • Mendokumentasikan setiap jenis yang ditemukan serta melaporkannya ke dalam program ARK di aplikasi iNaturalist
  2. Tidak ada pelatihan daring tahun ini,  namun peserta dapat melihat pelatihan tahun lalu pada Youtube Perhimpunan Herpetologi di https://www.youtube.com/channel/UCVMGzojGEnPb8OqmGG3TFRw
  3. Lokasi pengamatan
    • Setiap komunitas boleh memilih lokasi pengamatan di manapun. Sebaiknya, untuk mengurangi biaya, lokasi pengamatan di propinsi atau tidak jauh dari alamat kelompok komunitas. Lokasi pengamatan yang dipilih harus terletak pada satu region yang sama dan ditulis pada formulir.
    • Pengamatan tidak dibatasi pada areal konservasi atau wilayah berhutan, tapi juga bisa dilakukan di kebun, persawahan, perumahan serta habitat lainnya yang dekat dengan hunian manusia. Pengamatan disarankan dilakukan pada lokasi yang dekat dengan tempat tinggal anggota kelompok, untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19. Masing-masing peserta diharuskan mengurus perijinan sendiri di lokasi terpilih.
  4. Pada saat melakukan pengamatan disarankan untuk membawa antara lain : tongkat ular, sepatu boots, senter/alat penerang lainnya, kamera foto dan perbekalan selama perjalanan. 
  5. Peserta diperbolehkan menggunakan berbagai macam panduan untuk melakukan identifikasi terhadap jenis amfibi dan reptil yang ditemukan selama periode pengamatan.
  6. Selama kegiatan, para peserta harus mematuhi protokol keselamatan dan kesehatan di masa Covid-19.

Penilaian dan Penentuan Pemenang

  1. Pelaporan seluruh jenis yang ditemukan pada aplikasi program ARK di inaturalist akan diverifikasi dan dinilai oleh para kurator program ARK.
  2. Penilaian
    • Dilakukan dengan cara mengakumulasikan jumlah jenis amfibi dan reptil yang dilaporkan setiap anggota peserta dalam komunitas ke dalam aplikasi program ARK di iNaturalist yang ditemukan pada  periode pengamatan tanggal 1- sampai 30 November 2021.
    • Selain jumlah jenis, penilaian berdasarkan keterancaman. Jenis yang dianggap terancam berdasarkan daftar merah IUCN (VU, EN, CR) dan/atau masuk dalam appendiks CITES akan mendapat bobot nilai lebih besar dari jenis yang umum.
    • Penilaian juga berdasarkan ketepatan identifikasi.
  3. Peserta dengan akumulasi jumlah poin tertinggi akan menjadi pemenang pada kegiatan ini. Pemenang akan dibagi berdasarkan wilayah.
  4. Data jenis amfibi dan reptil yang ditemukan di luar periode pengamatan tidak masuk dalam penilaian. Foto yang di upload HARUS diambil dalam durasi kegiatan GO-ARK

Hadiah Pemenang

Hadiah diberikan kepada:

  1. Kelompok yang mendapatkan nilai terbanyak akan mendapatkan sertifikat dan kenang-kenangan dari panitia
  2. Individu yang mendapatkan nilai terbanyak  berdasarkan region akan mendapatkan hadiah merchandise PHI
  3. Individu yang memasukkan record terbanyak tokek Gekko gecko  di setiap region
  4. Influencer terbaik. Kategori terbaru ini diberikan kepada kontributor dengan konten paling aktraktif tentang “Bulan GO ARK 2021” di media sosial yang berisi unggahan yang berhubungan dengan kegiatan pencarian herpetofauna atau foto herpetofauna dan lainnya. Konten harus disertai tagar :”#GOARK2021”,  “#BulanGOARK2021”, “#amfibireptilkita”, ” #sainswarga”, “#citizenscienceindonesia”. Mention 5 teman dalam konten. Hadiah untuk influencer terbaik adalah merchandise PHI.

Pengumuman

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada akhir Januari 2022 melalui email, media sosial dan website PHI.

LOMBA FOTO BULAN GO ARK 2021

Peserta yang mengikuti GO ARK dapat mengajukan foto yang ada dalam akun iNaturalist untuk dinilai sebagai foto favorit. Formulir akan dibuka tanggal 1 Desember 2021 dan ditutup pada tanggal 7 Desember 2021. Peserta yang telah mengisi formulir kemudian dapat mengupload foto-foto pilihan ke akun IG pribadi. Periode Upload foto adalah pada Tanggal 1 Desember 2021 mulai dari jam  17.00 WIB sampai dengan tanggal 7 Desember 2021 pukul 14.00 WIB.

Pengumuman pemenang akan diumumkan oleh Akun Instagram IG go.ark dan herpetologi.ina pada Tanggal 15 Desember 2021. Peserta yang mengikuti lomba foto Instagram ini WAJIB Follow Instagram IG go.ark dan herpetologi.ina. Tag ke Instagram IG go.ark dan herpetologi.ina. serta mention ke @go.ark dan @herpetologi.ina.  dengan format caption sebagai berikut :
“Judul Foto”
@go.ark#herpetologi.ina
#lombafotogoark2021
#GOARK2021

#BulanGOARK2021

#amfibireptilkita

#sainswarga

#citizenscienceindonesia

Akun peserta lomba tidak boleh di privat

Akan ada dua kategori pemenang:

  1. Foto yang mendapat like terbanyak
  2. Foto pilihan juri

Pemenang akan diberikan merchandise dari PHI.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.