GO-ARK 2017

Kegiatan GO-ARK 2017 berlangsung pada tanggal 21-27 April 2017. Sebanyak 1193 data herpetofauna dari pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi masuk dalam proyek Amfibi Reptil Kita di iNaturalist. Dari data ini, setelah verifikasi akhir, tercatat 66 jenis amfibi dan 74 jenis reptil yang terlaporkan (di luar 12 jenis amfibi tidak lengkap atau salah dan 11 jenis reptil tidak lengkap).

Berdasarkan rapat akhir panitia pada hari Jum’at 2 Juni 2017 bertempat di LIPI Cibinong, diputuskan pemenang pelapor terbanyak kegiatan GO-ARK 2017.

Pemenang

Pelapor Kelompok: Senior Hunting Club (SHC)

Pelapor Individu: akun inaturalist atas nama fatahabib92

Kriteria Penilaian GO-ARK 2017:

  1. Penilaian berdasarkan banyaknya jenis yang dilaporkan, bukan berdasarkan jumlah data individu yang masuk. Oleh karena itu jika data satu spesies lebih dari satu individu, nilainya tetap hanya dihitung satu jenis.
  2. Tim penilai terdiri dari Amir Hamidy, Mirza D. Kusrini, Evy Arida, Awal Riyanto, Rury Eprilurahman, Donan Satria dan Munir. Untuk memastikan bahwa penilaian dilakukan secara adil, penilaian tim dilakukan oleh minimal 1 penilai yang tidak memiliki ikatan dengan tim yang dinilai. Hasil akhir penilaian dicek ulang oleh penilai lain yang tidak memiliki ikatan dengan tim yang dinilai.
  3. Penilaian dilakukan untuk semua data yang masuk. Pembobotan penilaian didasarkan atas identifkasi jenis. Bila salah atau nama jenis tidak lengkap (misalnya hanya sampai tahap Genus) akan diberi nilai 1, sedangkan bila benar nilainya didasari pada kriteria keterancaman berdasarkan daftar merah IUCN. Jenis-jenis yang tidak terancam (LC) atau belum ada penilaian kriteria daftar merah (NE) mendapat nilai 2, jenis yang Data Deficient mendapat nilai 3, sedangkan jenis Near Threatened sampai Critical Endangered adalah 4 – 7 (naik 1 per kriteria).
  4. Penilaian kelompok dilakukan berdasarkan jumlah jenis total yang dilaporkan oleh anggota kelompok sesuai bobot penilaian bagi masing-masing jenis.
  5. Penilaian individu dilakukan bila kelompok memiliki anggota. Untuk kelompok yang datanya hanya diisi oleh satu akun maka tidak diikutkan dalam penghitungan individu
  6. Penilaian hanya dilakukan untuk data yang tercatat dari tanggal 21 – 27 April 2017, data di luar tanggal tersebut tidak dimasukkan dalam penghitungan GO-ARK dan dianggap tidak ikut dalam kegiatan GO-ARK
  7. Pada saat penilaian, terdapat nama akun inaturalist yang berbeda dengan nama dalam lembar registrasi tidak sama sehingga menyulitkan panitia untuk melacak kelompok yang ada.
  8. Bila terdapat nilai yang sama, penilaian dilakukan berdasarkan jumlah spesies yang masuk dalam kriteria keterancaman IUCN. Kelompok/Individu yang memiliki nilai sama tapi melaporkan lebih banyak jenis yang masuk kriteria terancam akan menang.
This entry was posted in GO-ARK. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.