Katak Kongkang Kolam (Chalcorana chalconota Schlegel, 1837) Brown Stream Frog

Dikenal sebelumnya dengan nama Rana chalconota atau Hylarana chalconota, katak bertubuh ramping dari Famili Ranidae ini merupakan katak yang hidupnya tidak jauh dari sumber air. Katak ini memiliki ukuran tubuh kecil hingga sedang serta memiliki warna tympanum coklat tua. Katak ini biasanya ditemukan pada batu dan vegetasi di sepanjang sungai kecil di hutan atau dataran tinggi serta sekitar kolam. Jenis ini hidup di hutan primer dan terdegradasi dengan kanopi yang cukup tertutup dan sumber air yang mengalir tidak deras. Katak dewasa menyebar secara luas di hutan dan bahkan ditemukan di kebun. C. chalconota memiliki kulit punggung berbintil kasar, lipatan kelenjar dorsolateral dan relatif tertutup seluruhnya oleh bintil-bintil sangat halus yang menyerupai pasir. Pada bagian bawah berbintil kasar. Jari tangan pertama lebih pendek dari yang kedua. Penelitian terkini menunjukkan bahwa jenis C. chalconota merupakan jenis kriptik, dimana analisis genetik membagi jenis ini di Indonesia menjadi tiga jenis lainnya yaitu C. rufipes, C. raniceps dan C. parvaccola dengan wilayah persebaran yang berbeda (Inger et al. 2009). Tersebar di bagian Selatan Sumatera, Jawa, dan Bali pada ketinggian 1.571 m dpl. Spesimen dari luar rentang persebaran tersebut dirujuk untuk C. raniceps dan C. mocquardi (Sulawesi) (van Dijk et al. 2004). Katak yang aktif pada malam hari ini diketahui lebih menyukai cacing sebagai pakan (Atmowidjojo dan Boeadi 1998) serta memakan insekta dan arthropoda (Mumpuni et al.1990).

Sumber pustaka:

Atmowidjojo AH dan Boeadi. 1998. Food Prey in Stomach Contents of Frogs. Biotrop Spec. Publ. 32:77-80.

Inger RF, Stuart BL, and Iskandar DT. 2009. Systematics of a widespread Southeast Asian frog, Rana chalconota (Amphibia: Anura: Ranidae). Zoological Journal of the Linnean Society 155, 123–147.

Mumpuni, Maryanto I dan Boeadi. 1990. Studi Pakan Katak Microhyla achatina Tschudi dan Hylarana chalconota Schlegel di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dasar I: Peranan Biologi Dasar dalam Pengem-angan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Biol. Das I: 108-112.

van Dijk PP, Iskandar D, Inger R, dan Kusrini M. 2004. Chalcorana chalconota. (errata version published in 2016) The IUCN Red List of Threatened Species 2004: e.T58568A89366516.

Penulis: Heru Kurniawan dan Mirza D Kusrini

This entry was posted in Amfibi Reptil Kita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published.